You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sukamanah

Kec. Paseh, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat Tetap Jaga Kesehatan, Jaga Jarak #Dirumahsaja Maskerku Melindungi Kamu, Maskermu Melindungi Aku. Info Vaksinasi Covid-19 Silahkan dicek Akun Instagram @puskesmaspaseh

SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu)


SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu)

SAKEDAP adalah akronim yang diambil dari bahasa Sunda, Sakedap artinya sebentar atau sekejap. Jadi, Pelayanan Kependudukan Terpadu dalam satu aplikasi untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan sebentar atau sekejap agar tidak lama.

            Deskripsi Inovasi:

  1. Pengembangan sistem pelayanan kependudukan terpadu untuk mendapatkan nomor antrian dengan mudah tanpa harus kehabisan nomor antrian jika datang langsung ke kantor, juga memudahkan masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk datang ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil bisa melakukan pengajuan permohonan dokumen kependudukan mulai aplikasi berbasis web SAKEDAP (Sistem Pelayanan Kependudukan Terpadu)
  2. Sistem ini memiliki prinsip Input, Process, Output. Yang didalamnya sudah terdapat berbagai inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis online seperti di antaranya Antrian Online, DOKKAR ( Dokumen Kependudukan Kami Antar), SI OCES (Sistem Online Cetak Sendiri). Melayani semua jenis permohonan Dokumen Kependudukan.
  3. Dengan Prinsip tersebut dapat dijelaskan bahwa Input adalah bagaimana pemohon atau masyarakat dapat meng-Input data pribadi dasar seperti nama lengkap, alamat E-mail untuk membuat akun dan mendapatkan beberapa pilihan layanan seperti memohon nomor antrian pelayanan tatap muka atau dapat meng-upload berkas permohonan dokumen kependudukan.
  4. Tahap selanjutnya adalah process adalah kegiatan petugas atau operator dari setiap layanan memproses berkas yang sudah masuk dan lengkap atau memenuhi persyaratan untuk selanjutnya diproses dengan SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan).
  5. Setelah proses lalu Output yang dimana setelah Verifikasi selesai oleh petugas layanan selesai, dokumen kependudukan yang sudah di validasi oleh pejabat Disdukcapil ( Tanda Tangan Elektronik) dokumen terbit dan di tujukkan kealamat E-mail pemohon kecuali untuk KTP-EL dan Kartu Identitas anak akan dikirim melalui ekspedisi pengiriman PT.POS Indonesia.
  6. Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan, mengingat masih berlangsungnya Pandemic Covid – 19 saat ini, Inovasi SAKEDAP, juga memenuhi tujuan pelaksanaan Protocol Kesehatan Covid : Untuk menerapkan aturan Physical Distancing dan meminimalisir kontak antar manusia pada antrian dan loket, untuk mengurangi kontak petugas dengan masyarakat/pemohon dimana hal itu juga dapat mengurangi berkas yang biasanya di pegang oleh petugas dari pemohon sebagai media yang sangat berpotensi kuat menyebarkan Covid-19.

Manfaat SAKEDAP

  1. Memudahkan masyarakat/pemohon mendapatkan kejelasan antrian dan memudahkan masyarakat/pemohon untuk melakukan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan pengajuan secara online berbasis WEB.
  2. Untuk meningkatkan pelayanan Administrasi Kependudukan, mengingat masih berlangsungnya Pandemic Covid-19 saat ini, Inovasi SAKEDAP juga memenuhi tujuan pelaksanaan protokol Kesehatan Covid-19 : Untuk menerapkan aturan Physical Distancing dan Meminimalisir kontak pada antrian dan loket, untuk mengurangi kontak petugas dengan masyarakat/pemohon yang mana hal itu juga dapat mengurangi berkas yang biasanya dipegang oleh petugas dari pemohon sebagai media yang sangat berpotensi kuat menyebarkan Covid-19.
  3. Mengefektifkan waktu agar masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil untuk permohonan berkas dokumen kependudukan, terlebih untuk masyarakat yang rumahnya jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Di dalam aplikasi SAKEDAP sudah terdapat semua jenis pelayanan dengan inovasi antrian online.
  4. Mendukung upaya tertib Administrasi Kependudukan dengan mempermudah akses masyarakat/warga untuk mendapatkan Dokumen Kependudukan.

Sumber : Panduan Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bandung

Dokumen Lampiran SAKEDAP
Bagikan artikel ini:
Komentar