• Jl. Hegarmanah No. 338 RT 001 RW 014 Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung
  • sukamanah03.paseh@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat
  • Tetap Jaga Kesehatan, Jaga Jarak #Dirumahsaja
  • Maskerku Melindungi Kamu, Maskermu Melindungi Aku.

KEGIATAN MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA KECAMATAN PASEH

19 Desember 2019 Faisal Akbar Berita Desa Dibaca 151 Kali

Sukamanah-Paseh. Kamis, 19 Desember 2019. Puskesmas Kecamatan Paseh melaksanakan Kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sukamanah Kecamatan Paseh yang dihadiri langsung oleh ‘Dede Sunarya’ selaku Kepala Desa Sukamanah, Lembaga Desa, para Ketua RW, TP PKK Desa serta Bidan Desa. Hasil yang didapat dari Kegiatan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) Puskesmas Kecamatan Paseh

Hari / Tanggal             : Kamis, 19 Desember 2019

Waktu                             :  09.00 – Selesai

Tempat Kegiatan       :  Aula Desa Sukamanah

Jumlah Peserta         :  35 Orang

Materi  Mmd              :  Mendiskusikan Permasalah Kesehatan Yang Ada Dilingkungan

 Desa Sukamanah

Hasil Rapat                 :

  1. Bagaimana Cara Menekan Tingginya Angka DBD?
  2. Bagaimana Menciptakan Rumah Sehat Yang Luas Rumahnya Tidak Memenuhi Syarat ?
  3. Cara Supaya Setiap Rumah Memiliki Toga (Tanaman Obat Keluarga)
  4. Upaya Apa Yang Akan Dilakukan Supaya Masyarakat Menyukai  Dan Memanfaatkan Jamu ?
  5. Sikap Dan Tanggapan Terhadap Keluarga Yang Merokok?
  6. Bagaimana Agar Masyarakat Mempunyai Tabungan Pendidikan , Tabungan Kesehatan Dan Tabungan Rekreasi??
  7. Pemberian Edukasi Tentang Seks Dan Narkoba Terhadap Remaja ?
  8. Adakah Di Desa Sukamanah Organisasi Remaja?

 

Jawaban

  1. Cara Menurunkan Tingginya Angka DBD yaitu dengan melaksanakan metode 3M. Yaitu Menguras Bak Mandi, Menutup Penampunga Air, Mengubur atau mendaur ulang barang-barang bekas. Serta melaksanakan program G1R1J yakni gerakan satu rumah satu jumantik.
  2. Cara menciptakan rumah sehat yang luas rumahnya tidak memenuhi syarat yaitu dengan cara memberikan ventilasi udara yang cukup, penerangan atau pencahayaan yang cukup, memiliki jamban dan spiteng
  3. Cara setiap rumah memiliki TOGA yaitu dengan cara menanam tanaman obat didalam polybag atau tabula pot atau secara Hydroponik.
  4. Untuk menyukai Jamu masyarakat harus mengetahui setiap manfaat dari jamu agar mereka lebih paham. Dan juga memberikan wawasan pada masyarakat bahwa Jamu tidak ada efek samping berbahaya walaupun dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Berbeda dengan obat-obatan kimiawi yang memiliki efek jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Dan masyarakat juga di himbau untuk dapat membuat jamu sendiri dari pada membeli jamu yang sudah jadi, karena kebanyakan jamu yang sudah jadi atau jamu instan rentan sudah menggunakan bahan atau tambahan obat kimiawi.
  5. Sikap tanggapan terhadap keluarga perokok yaitu dengan memberi pengertian bahwa Rokok itu sangat berbahaya bukan hanya untuk perokok aktif tapi sangat berbahaya untuk para perokok pasif, jika belum bisa menghentikan merokok, para perokok tidak boleh merokok didalam rumah, di hadapan anak/istri, dan juga menjauhi orang yang berada disekitana.
  6. Cara masyarakat untuk mempunyai tabungan pendidikan, tabungan kesehatan dan tabungan rekreasi yaitu dengan mengatur keuangan keluarga. dalam mengatur keuangan keluarga harus bisa memilah dan memilih mana saja kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder. Jika dalam anggota keluarga ada yang sedang hamil di anjurkan untuk membuat TABULIN ( Tabungan Bersalin) fungsinya yaitu untuk mempersiapkan dana pengeluaran persalinan agar tidak merasa berat. Atau juga bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN/KIS/BPJS). Untuk tabungan pendidikan masyarakat wajib menyisihkan keuangan untuk tabungan pendidikan masa depan anak atau juga bisa mendaftarkan ke berbagai asuransi pendidikan untuk menjamin pendidikan anak dimasa yang akan datang. Sedang untuk tabungan rekreasi masyarakat juga bisa mengikuti arisan atau tabungan rekreasi di kalangan masyarakat.
  7. Untuk edukasi tentang SEKS dan Narkoba terhadap remaja perlu diadakan pendidikan atau kelompok penyuluhan pendidikan seks dan bahaya narkoba. Atau bisa juga dengan cara membentuk POSYANDU REMAJA disetia Rukun Warga ( RW ) setempat.
  8. Di Desa Sukamanah sudah ada Organisasi Remaja yaitu Karang taruna. Tetapi disamping itu kedepanya juga akan diadakan pembentukan PIKR ( Pusat Informasi Konseling Remaja ) yang berada dibawah BKKBN Kabupaten.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar