You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sukamanah

Kec. Paseh, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat Tetap Jaga Kesehatan, Jaga Jarak #Dirumahsaja Maskerku Melindungi Kamu, Maskermu Melindungi Aku. Info Vaksinasi Covid-19 Silahkan dicek Akun Instagram @puskesmaspaseh

PRODESKEL (Profil Desa dan Kelurahan)


PRODESKEL (Profil Desa dan Kelurahan)

Dahulu sebelum jaringan internet masuk kepelosok desa dan kelurahan dan masih di otoritas perkotaan saja maka pengiriman data dari daerah akan tersendat karena masih menggunakan secara manual dengan membawa berkas dan proposal sehingga membutuhkan waktu yang lama. Sekarang pada pemerintahan daerah khususnya desa dan kelurahan jaringan internet sudah masuk dengan menggunakan koneksi dari modem atau wifi dan tentunya semua data dan kegiatan di desa cepat pula ditransfer ke Pemerintahan Pusat dengan satu akun profil desa dan kelurahan yang sudah

terdaftar dan terhubung secara online.

PRODEKSEL merupakan kepanjangan dari profil desa dan kelurahan. Prodeskel adalah Sistem Informasi yang tentunya validitas yang akurat salah satu sistem perencanaan rujukan untuk pembangunan desa dan kelurahan dan semua sendi pembangunan yang ada di desa dan kelurahaan di atur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 86 yang berisi Pemerintah pusat yakni Pemeritahan di Provinsi memberikan fasilitas ke pihak pemeritah desa untuk semua pendayagunaan dan sumber daya desa dan kelurahan dengan sebuah profil desa dan kelurahan yang lebih dikenal prodeskel dan peraturan ini tentunya sesuai telah diatur oleh Permendagri Nomor : 12 Tahun 2007.

Tujuan Prodeskel Profil Desa dan Kelurahan :

  • Profil Desa dan Kelurahaninformasi penting yang meliputi data di desa dan kelurahan seperti kependudukan dan beberapa peranan keberadaan suatu sektor yang memiki potensi untuk dikembangkan.
  • Meningkatkan sumberdaya yang ada di ruang lingkup pemeritahan desa dan kelurahan sehingga menjadi motivasi bagi kelanjutan investasi desa dan kelurahan.
  • Pengembangan sumber daya alam yang ada dan ditingkatkan lebih maksimal, misalkan di suatu desa memilki satu atau lebih sumber alam berupa kampungnya nelayan maka pemeritahan desa di sisi lain harus menargetkan suatu badan agar sebutan kampung nelayan menjadi pariwisata alam selain tempat mencari nafkah untuk warga maka pantai dan laut akan mempunyai nilai lebih sebagai pemasukan keuangan dengan tambah bidang usaha kepariwisataan.
  • Pengembangan sumber daya alam yang ada dan tingkat tercapinya keberhasilan didukung semua fihak dalam melakukan pembangunan yang kesinambungan.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar