Selamat Datang di Website Resmi Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Kunjungi juga Akun Resmi Sosial Media Kami Link nya ada dibawah dan Selalu Berikan Komentar yang Sopan. Pemerintah Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 Hijriah Marhaban ya Ramadhan Tetap Jaga Kesehatan, Jaga Jarak #Dirumahsaja  

Pemerintah Desa Sukamanah melawan HOAX !

Faisal Akbar Kusprianto | 26 Maret 2018 22:31:12 | Berita Desa | 1 Kali

Seiring dengan meningkatnya era digital dan meningkatnya perkembangan pengguna internet di Indonesia,hal ini memiliki dampak positif yakni salah satunya semakin meningkatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Namun, di saat yang sama, pertumbuhan pengguna yang  ini membuka ruang lebih luas untuk meningkatnya radikalisme digital, jejaring teroris online, berita palsu, ujaran kebencian dan cyberbullying. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat.

Pemerintah Desa Sukamanah beserta BABINKAMTIBNAS dan BABINSA Kecamatan Paseh menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Sukamanah untuk melawan dan menolak serta tidak menyebarluaskan berita Hoax/berita palsu/Fake news. Karena dengan adanya berita Hoax dapat menimbulkan dampak negatif misalnya Merugikan suatu pihak, Memberikan reputasi buruk akan seseorang/sesuatu, Menyebarkan fitnah, dan Menyebarkan informasi yang salah.. 

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Besar Rikwanto, pelaku penyebar hoax bisa terancam Pasal 28 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-Undang ITE. Di dalam pasal itu disebutkan, "Setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar."

Untuk itu ada beberapa langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli.

  1. Hati-hati dengan judul provokatif

Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

  1. Cermati alamat situs

Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi -misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.

  1. Periksa fakta

Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan kesaksian dan bukti, sementara opini adalah pendapat dan kesan dari penulis berita sehingga memiliki kecenderungan untuk bersifat subyektif.

  1. Cek keaslian foto

Cara untuk mengecek keaslian foto bisa dengan memanfaatkan mesin pencari Google, yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa dibandingkan.

  1. Ikut serta grup diskusi anti-hoax

Di Facebook terdapat sejumlah fanpage dan grup diskusi anti hoax, misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.

Semoga bermanfaat !!

 

 

Komentar atas Pemerintah Desa Sukamanah melawan HOAX !

yayatsuryatna 12 April 2018 21:24:23
sangat setuju sekali ....karena berita atau info sekecil apapun ..harus dicek kebenarannya...apa lagi kalau berita yang mengandung unsur kebencian ..permusuhan...jgn langsung disebarluaskan...berantas berita bohong merupakan peran semua elemen masyarakat..baik para alim ulama..cerdik cendekia...tokoh pemuda..ormas...parpol ..sabillulungan tuk berantas berita hoax atau bohong.....

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Peta Desa

Sinergi Program

Provinsi Jawa Barat
kabupaten Kecamatan Paseh
KOTAKU BPJS KETENAGAKERJAAN posyandu
KEMENDESA LAPOR
BPJS KESEHATAN DISKOMINFO
Fanpage Pemdes Sukamanah Instagram Desa Sukamanah

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini