Selamat Datang di Website Resmi Desa Sukamanah Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Kunjungi juga Akun Resmi Sosial Media Kami Link nya ada dibawah dan Selalu Berikan Komentar yang Sopan. Tetap Jaga Kesehatan, Jaga Jarak #Dirumahsaja  

Profil Masyarakat Desa

Faisal Akbar Kusprianto 31 Oktober 2017 22:38:33

Profil masyarakat Desa Sukamanah

Berdasarkan Data Desa Sukamanah Kecamatan Paseh pada bulan Februari 2020

Jumlah Penduduk Desa Sukamanah 13.367 Jiwa 

Jumlah Kepala Keluarga                     3.781   KK

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Sukamanah sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Sukamanah kerap menggelar acara peringatan. selain itu juga pada peringatan hari besar nasional dengan tema yang disesuaikan dengan hari nasional. 

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap Setiap Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Sukamanah yang tergabung dalam kelompok Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan

Profil Politik masyarakat

Masyarakat Desa Sukamanah sudah mengenal sistem demokrasi, selain ikut aktif berpartisipasi dalam proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2014 lalu, mereka juga ikut berpartisipasi dalam pemilihan Kepala Daerah atau proses pemilukada baik untuk memilih Gubernur dan Wakilnya, Bupati dan wakilnya hingga pada pemilihan Kepala Desa Sukamanah. 

Warga Desa Sukamanah dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini terbanyak jika dibandingkan dengan desa lain . Karena penduduk Desa Sukamanah Jumalah Penduduknya Paling Banyak diantara Desa Sekecamatan Paseh.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Sukamanah adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Jadi, perlu gerakan kembali ke Desa serta menarik sumber-sumber ekonomi ke desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa.

 Profil Ekonomi Masyarakat

Kondisi ekonomi masyarakat Desa Sukamanah terbagi beberapa bidang namun dari keseluruhan yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh Pabrik, bertani/buruh Tani dengan penghasilan yang masih rendah,sehingga secara umum masih tergolong masyarakat yang masih belum sejahtera.

Selain itu pada bidang lain seperti usaha mikro masyarakat masih memanfaatkan bantuan pinjaman dari bantuan permodalan pemerintah ataupun bantuan pinjaman permodalan dari pihak-pihak lain.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Peta Desa

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Hegarmanah No. 338 RT 001 RW 014 Desa Sukamanah
Desa Sukamanah
Kecamatan Paseh
Kabupaten Bandung
Kodepos 40383
Telepon -
Email info@sukamanah-paseh.desa.id

Sinergi Program

Provinsi Jawa Barat
kabupaten Kecamatan Paseh
KOTAKU BPJS KETENAGAKERJAAN posyandu
KEMENDESA LAPOR
BPJS KESEHATAN DISKOMINFO
Fanpage Pemdes Sukamanah Instagram Desa Sukamanah

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini